pengujung

Rabu, 10 April 2013

Pengertian Komputasi Modern (Mobile Computing)





Komputasi modern merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan penggunanya bisa memanfaatkan kemampuan komputer secara optimal, meski dalam posisi berpindah-pindah. Komputasi modern digunakan untuk memecahkan masalah antara lain untuk menghitung akurasi seperti bit, floating point, lalu ada kecepatan dalam satuan Hz, ada juga problem volume besar pararel, lalu modeling seperti NN dan GA, dan yang terakhir terdapat kompleksitas yang menggunakan Teori Big O.

Karakteristik komputasi modern itu terbagi menjadi 3 macam :

+ Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
+ Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
+ Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.


Banyak manfaat yang didapat dari adanya komputasi modern, misalnya seperti perhitungan-perhitungan kompleks yang bisa mencapai ribuan data dapat dengan mudah dikerjakan manuisa dengan bantuan komputer. Hal ini tentunya dapat mengurangi waktu, biaya dan lain sebagainya.Lahirnya komputer dapat membantu pekerjaan manusia, dalam berbagai bidang. Misalnya pada bidang kedokteran, pertanian, astronomi, teknologi, ekonomi dan lainnya. Bahkan komputer sekarang telah ada dalam hampir semua bidang di dunia ini.


contoh alat yang dapat membantu manusia dalam konsep komputasi modern seperti mobile computing merupakan kemajuan teknologi komputer yang dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel serta mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Berdasarkan penjelasan tersebut, untuk kemajuan teknologi ke arah yang lebih dinamis membutuhkan  perubahan dari sisi manusia maupun alat. Contoh dari mobile computing adalah GPS, smart phone, dan sebagainya.





Sumber:http://en.wikipedia.org/wiki/Mobile_computinghttp://wenythepooh.wordpress.com/2011/02/27/mengenal-komputasi-modern/http://bukanbasoo.blogspot.com/2012/03/carputer-sebagai-implementasi-komputasi.html

1 komentar: