pengujung

Selasa, 11 Mei 2010

ZENWALK

1.2 Batasan Masalah
Untuk membatasi ruang lingkup dari makalah ini,maka kami hanya membahas mengenai:
Pengertian zenwalk
Sejarah zenwalk
Jenis-jenis zenwalk
Macam distro pada zenwalk

1.3 Tujuan penulisan
pembuatan makalah ini berdasarkan pada ketertarikan kelompok kami pada perkembangan distro zenwalk pada linux. Dan ini termasuk dalam pembahasan perkembangan software komputer yang sebenarnya menjadi topik utama pembahasan dalam makalah ini.


PEMBAHASAN

2.1 Pengertian zenwalk
Zenwalk (sebelumnya Minislack), atau Zenwalk Linux, merupakan sistem operasi yang dibuat oleh Jean-Philippe Guillemin. Awalnya berdasarkan Slackware. Sangat ringan, membutuhkan minimal 2gb harddisk dan RAM 128 MB. Sejak diciptakan, distribusi ini sangat berbeda dari Slackware namun tetap mempertahankan kompatibilitas dengan paket binari Slackware. Zenwalk bertujuan untuk menjadi distribusi Linux berfungsi banyak dengan fokus pada aplikasi Internet, multimedia dan perangkat pemrograman.Sebagai tambahan, Zenwalk dikemas dengan berbagai peralatan khusus, dirancang bagi pengguna pemula maupun lanjutan karena menawarkan konfigurasi sistem grafis maupun operasi baris-perintah.
zenwalk dilengkapi dengan aplikasi office ringan semacam abiword, dan dukungan multimedia dan aplikasi internet yang lengkap. Zenwalk merupakan distribusi Linux untuk segala kebutuhan atau multi-purpose tapi diutamakan untuk aplikasi Internet, multimedia dan pemrograman. Zenwalk mengemas banyak perkakasan (programming tools) khusus, dan ia didisain untuk semua mulai pemula sampai pakar. Tool konfigurasi sistem yang disediakan, dapat dioperasikan baik via graphical maupun via command-line.
3
2.2 Perkembangan zenwalk

2.2.1 Sejarah Zenwalk
Jean-Philippe Guillemin, atau dikenal juga dengan nama "Hyperion" atau "JP" adalah pencipta dan kontributor utama Zenwalk Linux. Dia mendapat gelar sarjana di Teknik Elektro di Universitas Nantes, dan sekarang bekerja untuk Telindus, sekelompok perusahaan yang menawarkan Solusi dan Layanan ICT, selaku Project Manager dan Security Engineer. Jean-Philippe juga mengembangkan beberapa proyek seperti Snorter, antarmuka pelaporan untuk sistem deteksi intrusi Snort, dan beberapa alat sistem administrasi untuk sistem operasi Linux (antara lain: manajer paket perangkat lunak Netpkg, konfigurasi jaringan Xnetconf).
Zenwalk pada awalnya disebut Minislack hingga versi 1.1, sedang nama yang sekarang mulai dari versi 1.2 yang dirilis 12 Agustus 2005. Awalnya menggunakan KDE sebagai lingkungan desktop, Zenwalk sekarang menggunakan Xfce mulai versi 0.3, meskipun paket GNOME dan KDE selalu tersedia secara terpisah.


2.2.2 Jenis-jenis Zenwalk
Zenwalk memiliki 4 versi utama dari zenwalk pada zenwalk 5.2 zenwalk 5.2,yaitu:
Zenwalk (versi penuh ~ 505 MB) adalah distribusi utama ditujukan untuk penggunaan desktop dan pengembangan. Dirancang sebagai sistem operasi yang berdiri sendiri, dapat di-install ke hard drive dengan installer berbasis ncurses. Waktu instalasi berkisar 15-30 menit. Ini termasuk semua yang paket resmi yang dianggap paling berguna oleh komunitas Zenwalk. Instalasi standa juga mencakup paket pengembangan seperti gcc, dan beberapa paket media berhak cipta (seperti Adobe Flash Player) dan driver. Standar lingkungan desktop-nya adalah Xfce.
Zenwalk Core (~ 230 MB) adalah sebuah sistem Zenwalk yang dibangun untuk dikembangkan lebih lanjut. Diluncurkan tanpa X Window Sistem, dan memungkinkan pengguna yang trampiluntuk membangun sistem yang sesuai dengan kebutuhannya. Pemimpin proyek ini adalah Emmanuel Bailleul.
ZenLive (~ 476 MB) adalah sebuah sistem Zenwalk yang dibangun dengan desain Live CD. ZenLive mengikuti perkembangan Zenwalk, sehingga versinya sama, dan berupaya untuk tetap sesuai dengan tujuan distribusi utamanya. Selain itu, di dalamnya termasuk semua perpustakaan dan aplikasi yang diperlukan untuk mengembangkan dan kompilasi perangkat lunak, fitur yang langka di distro Live CD . Anggota proyek termasuk Pierrick Le brun (pencipta), Mauricio Tricoli (pemimpin proyek), dan Michael Verret (karya seni).
Zenserver (~ 263 MB) adalah turunan Zenwalk Core yang didesain khusus untuk server. Tim pengembangnya dipimpin oleh Teran McKinney


2.2.3 Distribusi berbasis Zenwalk
Saat ini ada empat distro berbasis Zenwalk yang terkenal:
· SaxenOS, sebuah distro yang dibuat terutama untuk perangkat keras lama (namun SaxenOS 2008 tidak begitu ringan dibanding versi-versi sebelumnya)
· Arudius, distro Linux Live CD dengan alat-alat untuk pengujian penetrasi dan analisis kerentanan arus informasi
· Zencafe, distro buatan Indonesia untuk Warnet (internet cafe)
· Zeee Zenwalk untuk ASUS Eee PC


PENUTUPAN
3.1 Kesimpulan
Zenwalk awalnya disebut Minislak. Zenwalk merupakan distribusi linux yang sangat ringan yang didukung aplikasi office seperti abiword dan didukung juga dengan multimedia. Zenwalk memiliki 4 distro,yaitu:
1. Zenwalk (versi penuh ~ 505 MB)
2. Zenwalk Core (~ 230 MB)
3. ZenLive (~ 476 MB)

3.2 Saran
Zenwalk masih memiliki kekurangan seperti susahnya dalam hal mendownload zenwalk karena banyak mencari single file yang masih kurang. Jadi diharapkan zenwalk dapat didownload lebih mudah.
Tidak adanya paket openoffice, Setting GRUB untuk dual atau triple boot terasa sulit dan Installasi tidak menyediakan konfigurasi untuk login via NIS. Even panel manager sendiri tidak ada, kecuali setting standard network saja. Jadi diharapkan adanya peningkatan pada openoffice,setting GRUB,dan koneksi YP/NIS



DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/Zenwalk_Linux
http://74.125.153.132/search?q=cache:fn_LjBqJG0UJ:daniiswara.net/2008/04/27/mahasiswa-kedokteran-dan-free-open-source-software/+pengertian+zenwalk&cd=8&hl=id&ct=clnk&gl=id
http://cevarief.wordpress.com/2007/06/05/zenwalk-simplicity-speed-and-stability/
http://www.my-mind.co.cc/2008/09/zenwalkreview-1.html
http://anakpelor.wordpress.com/2009/11/04/zenwalk-linux/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar