pengujung

Selasa, 11 Mei 2010

Membuat database

Membuat database menggunakan Ms.Access dengan tampilan form

Membuat tabel sebanyak 4 tabel, lalu mengambil informasi yang terdapat di tabel-tabel tersebut kedalam bentuk query. Terakhir dengan form kita mempresentasikan tabel/querynya dalam bentuk interface grid, tombol dan sebagainya.
membuka ms.access lalu new document dan pilih blank document, akan keluar kotak dialog save as

Membuat Table:
1.Untuk membuat sebuah database baru pada Ms.Access, bukalah aplikasi ini yang telah tersedia di dalam packet Ms.Office 2007.
2.Dalam pembuatan database ini, terdapat 3 table. Pada table pertama terdapat 3 field yaitu; Nama,Kelas dan Jenis_kelamin yang berisi 4 record contoh. Pada table kedua terdapat 6 field yaitu; Nama, Npm, Alamat, No_hp, Status dan Agama berisi 4 record contoh. Dan pada table yang ketiga berisi 8 field yaitu; Npm, Matif, Fisika, Matdas, Algoritma_Pemrograman, KTI dan Praktikum.
3.Untuk memberikan kemudahan pada pengisian data di dalam Access, kita dapat menggunakan menu List Box pada pemilihan Jenis_kelamin pada table 1. Dimana untuk menyettingnya kita dapat melakukan perubahan pada bagian ‘Field Properties’, kliklah Tab ‘Lookup’, lihat pada bagian ‘Display Control’ pilih ‘List Box’ yang berarti kita akan memilih jenis List box kemudian pada bagian ‘Row Source Type’ pilih jenis ‘Value List’ yang berarti sumber List box akan kita input atau kita isikan sendiri secara langsung yang akan diisi pada bagian ‘Row Source’ isikan dengan : “L”,”P” maksudnya adalah, menu List Box yang akan ditampilkan nantinya pada Record Jenis_Kelamin adalah pilihan L dan P.


Membuat Query:
1.Langkah pertama untuk membuat Query yaitu buatlah sebuah query baru dan isikan table seperti pada gambar diatas, memasukkan semua table yang ada. Kemudian pilih field yang ingin ditampilkan pada hasil output query. Di sini field yang ditampilkan adalah field, Nama, Npm, Matif, Fisika, Matdas, Algoritma_Pemrograman, KTI dan Praktikum serta dua buah field baru, yaitu field POIN dan Nilai. Field POIN adalah field yang berisi jumlah poin nilai keseluruhan dari nilai mata kuliah yang ada sedangkan field Nilai adalah mutu dari nilai POIN, jika poinnya >= 85 maka mutunya adalah A, jika poin >=70 maka mutunya adalah B dan sisanya mendapatkan mutu C.

Membuat Form:
1.Untuk membuat sebuah form kita dimudahkan dengan adanya fitur ‘Form Wizard’ yaitu pilihan yang akan menampilkan sebuah query yang telah kita buat sebelumnya, sehingga kita hanya perlu mengklik dan mengikuti petunjuk(Next).

2.Pada form terdapat taampilan label serta text box yang berfungsi sebagai nama dan record yang akan menampilkan data pada form, terdapat field Nama, Npm, Matif, Fisika, Matdas, Algoritma_pemrograman, KTI, Praktikum, POIN dan Nilai.
Serta ditambah dengan tiga buah Button, yaitu button Add record, Save dan Quit. Button Add Record berfungsi untuk menginput/menambahkan record-record kedalam database, Button Save berfungsi untuk menyimpan data yang telah diinputkan untuk kemudian di simpan kedalam database/table yang telah dibuat , sedangkan Button Quit App berfungsi untuk keluar/mengakhiri aplikasi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar