Desain pemodelan grafik biasanya berhubungan dengan model sebuah objek yang dibuat sedemikian rupa. tapi sebelum saya menjelaskan tentang desain pemodelan grafik itu sendiri, saya akan menjelaskan tentang pengertiannya terlebih dahulu secara satu persatu.
Desain: merupakan suatu pola gambaran yang digunakan untuk menghasilkan sesuatu.
Pemodelan: merupakan bagian dimana suatu objek dibentuk
Grafik: dimana suatu objek dimanipulasi modelnya. seperti memberi texture pada objek.
Berdasarkan definisi tiga kata diatas maka dapat saya simpulkan bahwa desain pemodelan grafik adalah proses pembuatan suatu objek dengan menggunakan suatu perangkat lunak dengan cara pembuatan pola, pembuatan objek, dan memberi texture pada objek.
Teknologi Vektor dan Bitmap
vektor terdiri dari kurva dan garis yang menghasilkan suatu gambar. gambar yang menggunakan format vektor biasa sering digunakan untuk pembuatan logo. seperti misalnya logo pertamina, gambar logo tersebut menggunakan vektor agar mudah untuk diubah ukurannya menjadi besar atau kecil tanpa membuat gambar tersebut pecah. biasanya untuk membuat gambar vektor dapat menggunakan applikasi corelDRAW, dll.
gambar bitmap sendiri memiliki susunan pixel yang disetiap pixel memiliki berbagai macam warna yang membentuk sebuah gambar. gambar bitmap harus dilihat pada ukuran resolusi gambar jika diperbesar akan terlihat kotak-kotak kecil. ukuran bitmap jauh lebih besar. aplikasi yang dapat digunakan untuk bitmap bisa menggunakan paint, adobe photoshop, dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar