pengujung

Senin, 09 Januari 2012

MEMBUAT SEBUAH OBJECT DENGAN ETOYS

Kali ini saya akan membuat sebuah objek dengan menggunakan etoys. etoys adalah sebuah program atau aplikasi yang digunakan untuk anak berusia 3-4 tahun, bahasa pemrograman yang digunakan berupa objek berbasis prototipe. saya akan membuat sebuah objek yaitu elmo. sebelum membuat objek tersebut saya akan membuat sebuah flowchartnya terlebih dahulu.

setelah saya selesai membuat skema flowchar. selanjutnya saya akan langsung membuat objek elmo tersebut. pertama buka aplikasi etoys. lalu akan muncul tampilan pertama yang kita akan pilih adalah make a project. selanjutnya pada tools bagian atas kita pilih make a painting.





selanjutnya kita membuat objek dengan painting dan kita dapat mengatur warna yang kita inginkan untuk objek yang akan kita buat. disini saya akan memilih warna merah,hitam, dan kuning. penggunaannya hampir sama dengan program paint untuk membuat gambarnya. hasil gambar yang saya buat bisa dilihat pada gambar dibawah ini:

setelah membuat objek tersebut pilih open viewer for me.
selanjutnya saya akan membuat animasi untuk menggerakkan elmo tersebut.
pilih menu motion, lalu sketch forward by 5. skecth bouce splash ke dalam gambar etoys, untuk memutarkan elmo pilih sketch turn by 5, dan sketch make sound chirp agar dapat menimbulkan bunyi saat kita jalankan objek. untuk menjalankannya kita tinggal meng-klik toogle ticking state.

Referensi :

1 komentar:

  1. teman jangan lupa yah masukin link gunadarmanya k dalam blog kamu. Sekarang kan sudah mulai softskill, sebagai salah satu mahasiswa gunadarma ayo donk masukin link gunadarmanya, misalkan:
    www.gunadarma.ac.id
    www.studentsite.gunadarma.ac.id
    www.baak.gunadarma.ac.id
    www.ugpedia.gunadarma.ac.id
    :)

    BalasHapus