pengujung

Senin, 09 Januari 2012

MEMBUAT SEBUAH OBJEK DENGAN BLENDER

sebelum saya membuat sebuah objek dengan menggunakan aplikasi BLENDER. saya akan menjelaskan tentang apa itu blender. Blender merupakan sebuah aplikasi gratis untuk membuat sebuah objek grafis 3 dimensi(3D) yang sangat populer dikalangan desainer. aplikasi ini memiliki fitur animasi dan permainan. blender ini sendiri dapan digunakan pada sistem operasi microsoft, machintos, linux, dll. disini saya akan membuat sebuah objek karakter kartun yang berbentuk seperti ulat. mengapa saya membuat objek ini karna menurut saya objek ini yang mudah untuk dibuat tapi sangat unik bentuknya. jadi saya terlihat sedikit memiliki skill pada blender yang sebenarnya hanya sedikit.
Pertama kita buka aplikasi blender. Setelah membuka aplikasi blender, objek yang akan tampil pertama kali adalah kubus seperti gambar dibawah ini. Ini adalah tampilan default dari aplikasi ini. Untuk membuat tokoh ini hanya diperlukan 2 objek yaitu, UV Sphere dan cone. Untuk menghapus objek kubus cukup dengan me-klik kanan (pada mouse) lalu tekan delete.
Sebelum saya memulai kerja biasanya, area kerja selalu dibagi menjadi 4 bagian. Hal ini untuk memudahkan dalam pembuatan objek..Setelah terbagi menjadi 4 area kerja, susun UV Sphere seperti gambar dibawah ini:


Jika melihat gambar diatas, objek yang disediakan tidak terlalu halus bentuknya. Untuk menghaluskannya, scroll ke bawah pada bagian pojok kanan atas. Pada bagian shading, pilih Smooth untuk menghaluskan objek.Setelah menghaluskan permukaan objek, sekarang saatnya untuk membuat kaki karakternya. Duplikat UV Sphere (yang mana saja), lalu scale (tekan huruf S) buat ukurannya menjadi lebih kecil. Kemudian, duplikat UV Sphere yang sudah diperkecil. Setelah itu, susun UV Sphere seperti gambar dibawah ini hingga bagian belakang dan bagian mata. Sekarang, saatnya membuat bagian tanduk dan hidung si karakter. Tanduknya dibuat dari objek cone.

Pada bagian bawah cone, ukurannya harus sedikit diperkecil (scale secara sumbu X dan sumbu Y). Lalu pada bagian yang runcingnya, atau atas ukurannya sedikit diperpanjang (scale secara sumbu Z).Untuk bagian hidungnya, bisa menduplikat dari UV Sphere yang sudah ada. Lalu bentuk UV Sphere menjadi ellipse. Pada bagian options pojok kiri ada menu material untuk memberi warna pada objek. Klik menu tersebut, lalu pilih new untuk memberikan layer warna.

Karena warna badan Ulat adalah coklat, maka Kami akan memberikan warna coklat juga. Untuk bagian kolom tulisan saya beri nama coklat. Hal ini untuk memudahkan pewarnaan objek berikutnya. Lalu pada bagian Diffuse, saya memilihkan warna coklat yang pas dan cocok untuk si karakter.Untuk memberikan warna pada bagian badan selanjutnya, cukup me-klik kanan lalu pada bagian material pilih browse material to be linked. Kemudian pilih warna yang sudah tersedia yaitu, coklat. Sekarang, beri warna pada bagian mata, tanduk, hidung, dan kaki. Caranya, ikuti langkah yang ada dibawah ini. Sebenarnya, konsep pemberian warna sama saja seperti cara diatas. Hanya saja, ini dilakukan untuk mempersingkat tulisan yang kami buat.

Ini hasil akhir objek yang berhasil saya buat. Pada area kerja nomor 3, objek merupakan hasil render.


1 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai blender, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1019/1/11107194.pdf

    BalasHapus